Guna mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI telah menyiapkan berbagai langkah, seperti optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.
Sebagai bagian dari upaya mendukung keberlanjutan, KAI Daop 3 menyediakan water station di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan yang merupakan fasilitas isi ulang air minum gratis bagi pelanggan.
Langkah ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai serta mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.
Khusus di bulan Ramadan, KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun.
Takjil akan disiapkan dan didistribusikan di 21 stasiun besar termasuk Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan guna memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.
Selain peningkatan layanan, KAI juga mendorong kesadaran akan jejak karbon melalui fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI.