Mahasiswa KPM UI BBC Gelar Seminar Konten Kreator: Membuka Peluang Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga di Era Digital

Mahasis KPM UI BBC, bersama Ibu PKK Ciledug Wetan, dan Konten Kreator Moms and Kids
Iklan bawah post

Cirebon – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, peran media sosial sebagai sarana komunikasi dan bisnis semakin signifikan. Memanfaatkan momentum ini, mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UI BBC mengadakan seminar konten kreator bertema “Wanita di Ruang Kreatif: Pengenalan Basic Konten Kreator untuk Ibu Rumah Tangga sebagai Branding dan Peluang Bisnis”.

 

Bacaan Lainnya

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Rabu (31/07) di Balai Desa Ciledug Wetan dan berhasil menarik perhatian warga setempat.

 

Kurnaen Hidayat, ketua KPM Ciledug Wetan, menjelaskan bahwa seminar ini merupakan bagian dari program kerja yang memenuhi konsep ABCD (Asset-Based Community Development) dan sejalan dengan slogan kampus BBC yaitu “Kampus Digital”. “Di era digitalisasi ini, media sosial bisa menjadi pisau bermata dua. Seminar konten kreator ini adalah salah satu cara agar media sosial bisa dimanfaatkan dengan baik dan menjadi sumber penghasilan, khususnya bagi ibu rumah tangga,” ujarnya.

 

Seminar ini menghadirkan Maulida Fitri Amalia, seorang konten kreator Moms and Kids dari Cirebon yang dikenal dengan nama Mba Lida. Dengan hampir 12 ribu pengikut di Instagram, Mba Lida berbagi ilmu dan pengalaman kepada kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

 

Antusiasme peserta terlihat sejak awal acara. Ibu-ibu kader PKK sangat bersemangat mempelajari cara memanfaatkan media sosial tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk branding dan peluang bisnis. Suasana semakin meriah ketika moderator membuka sesi tanya jawab, memberikan kesempatan kepada tiga peserta yang berani bertanya atau menjawab pertanyaan dari pemateri.

 

Salah satu pertanyaan menarik datang dari Ibu Dini, seorang kader PKK. “Apakah konten kreator harus mempunyai modal yang banyak agar bisa mendapatkan viewers atau followers yang banyak?” tanyanya. Dengan penuh semangat, Mba Lida menjawab, “Menjadi konten kreator tidak harus bermodal banyak, tetapi konsisten dan kreatif dalam mengemas konten adalah kunci utama.” Jawaban tersebut disambut anggukan setuju dari peserta lainnya.

 

Menutup acara, Ibu Haryati, ketua PKK sekaligus istri kepala desa Ciledug Wetan, menyampaikan terima kasihnya kepada mahasiswa KPM UI BBC. “Handphone bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis bagi ibu rumah tangga jika digunakan dengan baik. Terima kasih kepada mahasiswa KPM UI BBC karena dengan seminar ini, ibu-ibu PKK mendapat pengetahuan baru mengenai pemanfaatan media sosial,” ujarnya.

 

Seminar konten kreator ini bukan hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga membuka peluang baru bagi ibu rumah tangga di Desa Ciledug Wetan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pengembangan diri dan ekonomi keluarga.

Iklan dalam post

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *