PT KAI, Sebut Mobil Damkar Indramayu Terobos Pintu Perlintasan Sebelum Tertabrak Kereta

Iklan bawah post

Indramayu : PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon menyebut, bahwa mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten Indramayu, menerobos pintu perlintasan, sebelum akhirnya tertabrak kereta barang.

 

Bacaan Lainnya
Iklan dalam post

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, bahwa sebelum kecelakaan terjadi, armada damkar yang hendak melakukan pemadaman kebaran di Kecamatan Gantar Indramayu itu, menerobos pintu perlintasan yang sudah ditutup.

 

” Mobil Damkar menerobos pintu perlintasan JPL 93 yang sudah tertutup,” ujar Zainul, Selasa 2 Juli 2024.

 

Menurut Zainul, peristiwa kecelakaan tersebut terjadi pada Pukul 01.55, dengan melibatkan KA 2526 (Limas dan Cargo), relasi Kampung Bandan-Kalimas, yang saat itu sedang melintas di perlintasan Haurgeulis Indramayu.

 

Ia menyebut, bahwa kecelakan tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, namun kereta mengalami sejumlah kerusakan pada bagian lampu kabut dan tangga lok kabin belakang.

 

” Kereta juga mengalami keterlambatan,” kata Zainul.

 

Belajar dari kecelakaan ini, Zainul meminta kepada seluruh masyarakat, untuk bisa mendahulukan perjalanan kereta api. Ketentuan tersebut juga, ujar Zainul, berlaku bagi mobil pemadam kebakaran, ambulans yang sedang mengangkut orang sakit, maupun kendaraan prioritas lainnya.

 

Zainul menjelaskan, bahwa Kereta api membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang daripada mobil, sehingga jika mobil tidak memberikan jalan, bisa terjadi tabrakan yang sangat parah.

 

” Aturan yang mengharuskan pengguna jalan untuk memberikan prioritas kepada kereta api bertujuan untuk mencegah kecelakaan yang bisa mengancam keselamatan banyak orang,” ujar Zainul.

 

ia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat akan menyeberangi perlintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api. Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, tengok kanan dan kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada.

 

Sebelumnya, sebuah mobil Damkar milik Pemkab Indramayu, tertabrak kereta barang di perlintasan sebidang di Kecamatan Haurgeulis Indaramayu. Saat itu, mobil Damkar tersebut hendak melakukan pemadaman kebakaran di Desa Mekarwaru Kecamatan Gantar Indramayu.

Iklan dalam post

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *